Tugas Softskill ISD (Ilmu Sosial Dasar)

Ruang Lingkup ISD

Materi ISD terdiri dari masalah-masalah social dengan demikian bahan matapelajaran ISD dapat dibedakan atas 3 golongan :
1. Kenyataan social yang ada dalam masyarakat yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
2. Konsep / pengertian tentang kenyataan social dibatasi pada konsep dasar yang diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dipahami dalam IPS.
3.Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagaikenyataan-keyataan social yang antara 1 dengan yang lainnya saling berkaitan.

sumber : http://kokoainruk.ngeblogs.com/2010/01/09/ruang-lingkup-isd/

 Tujuan ISD

ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
Mahasiswa juga diharapkan tidak melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat dan bisa menjadi panutan yang baik dalam segala hal bagi lingkungan sekitarnya sebagai seseorang yang berpendidikan atau kuliah di perguruan tinggi karena dari awal sudah di ajarkan Ilmu Sosial Dasar.

sumber :  http://yanezzcihuy.wordpress.com/2011/03/22/bab-1-pengertian-dan-tujuan-isd-dan-ips/

 Pengertian (ISD)
ISD ( Ilmu Sosial Dasar ) yang mempelajari tentang masalah – masalah dan keadaan di sekitar lingkungan mulai dari Sosial masyarakat sekitar, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.
Tujuanya mempelajari ISD adalah agar mahasiswa dapat mudah memasuki dunia masyarakat yang beraneka ragam , mulai dari : beragam budaya , agama dan adat istiadat.
Ruang Lingkup Studi ISD
Ruang lingkup ISD memiliki 3 kelompok : studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga2 sosial .
Perbedaan ISD dan IPS
Perbedaan ISD dan IPS adalah :
1. IPS sudah dipelajari dari kita SD sampai SMA dan itu merupakan dasar sebelum memasuki
    ISD , sedangkan ISD merupakan lanjutan yang dipelajari di perguruan tinggi.
2. ISD mata kuliah tunggal, sedangkan IPS terdiri sejumlah mata pelajaran  yang
    mempunyai ilmu luas dan memilki cabang.
3. ISD  untuk pembentukan sikap, sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan
    keterampilan dan kepedulian terhadap alam , budaya dan kesenian sekitar.
Bahan pelajaran ISD
1. Kegiatan dari masyarakat sekitar
2. Kebutuhanya peran di masyarakat sekitar
3. Hambatan yang sering dialami oleh masyarakat sekitar

Posted on Oktober 11, 2011, in Tugas Kuliah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: